Halo Prends! |
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Sitemap

Candi Jabung Probolinggo

Tuesday, October 2, 2012

Lintaskan !
probolinggo
Candi Jabung Probolinggo . Mendengar nama Candi Jabung tentu banyak orang yang masih merasa asing dengan Nama itu. Pasalnya, Candi Jabung ini lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Walau lokasi candi ini sebenarnya cukup  mudah dijangkau dengan akses jalan yang baik, ternyata masih banyak warga yang belum tahu tentang apa dan bagaimana sosok candi yang bersejarah itu.  . 

Candi Jabung adalah candi kuno dan bersejarah, peninggalan kerajaan Majapahit, yang terletak di desa Jabung, kacamatan Paiton, Probolinggo.

Candi ini berjarak sekitar 5 km dari Kecamatan Kraksaan atau 500 meter sebelah tenggara kolam renang Jabung Tirta yang berada di pinggir jalan raya Surabaya - Situbondo.
 

Candi Jabung terbuat dari batu merah dan berdiri di sebidanh tanah berukuran 35 X 40 M, dengan panjang 13,13 M, lebar 9,60 M dan tinggi 16, 20 M. Di atas batur terdapat selasar keliling yang sempit dan relief yang menggambarkan kehidupan sehari-hari pada masa lampau seperti, seorang pertapa yang memakai sorban, dua lelaki yang sedang berada di sumur dan memegang tali timba dan singa yang saling berhadapan.
 http://www.eastjava.com/books/jabungtemple/images/cjabung.jpg

Artikel Terkait :

Widget by [ inspirasiku-iq ]

0 comments:

Post a Comment