Halo Prends! |
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Sitemap

koboy palmerah

Wednesday, May 2, 2012

Seorang Oknum TNI berpangkat kapten dengan begitu gampangnya menenteng pistol ditengah keramaian sambil-bentak hanya karena mobil dinasnya diserempet. Bahkan sempat menembakan Airshot dan menodongkannya ke Pengendara. Padahal fungsi pistol ditangan tersebut sama sekali bukan diperuntukkan hal sepele seperni ini.


Baca Selengkapnya >>

Ikan Aneh Bersayap Mirip Kupu-kupu !

Kali ini saya mau share tentang foto-foto unik ikan bersayap yang mirip kupu-kupu,dan tentu jarang dilihat orang ,,semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang hewan dan lingkungan ya ....






Sumber : Seeing is believing
Baca Selengkapnya >>

Taukah anda bintang terbesar di alam semesta adalah VY Canis Majoris?



Begitu banyak benda-benda langit di alam semesta yang tak terhitung jumlahnya. Alam semesta yang begitu banyak menyimpan misteri seakan-akan membuat para ilmuwan astronom terus mencari tau bagaimana asal-usul penciptaan alam semesta. 
Sejauh pengetahuan manusia hingga saat ini, bintang terbesar di alam semesta adalah VY Canis Majoris (sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/VY_Canis_Majoris). VY Canis Majoris berada di gugusan bintang Canis Major. Karena saking besarnya, ia termasuk salah satu bintang yang paling terang cahayanya. Letaknya sekitar 4.900 tahun cahaya dari bumi .
Bintang ini pertama kali diketahui berdasarkan katalog dari Jerome Lalande pada 7 Maret 1801. Katalog tersebut mencatat VY Canis Majoris sebagai 7 bintang besar. Sejak tahun 1847, VY Canis Majoris diketahui sebagai bintang merah. Dengan suku sekitar 3000 K, suhu yang termasuk dingin untuk sebuah bintang bercahaya.
Adakah bintang lain yang lebih besar dari VY Canis Majoris?. Sampai sekarang pun para ilmuwan masih mengungkap fakta-fakta sains mengenai keberadaan bintang lain yang memiliki massa yang lebih besar dan lebih massive daripada VY Canis Majoris.
Ukuran VY Canis Majoris dibandingkan Matahari.
Profesor Roberta M. Humphreys dari Universitas Minnesota memperkirakan radius VY CMa adalah 1800 hingga 2100 kali radius Matahari. Untuk mengilustrasikan, jika Matahari digantikan oleh VY CMa, radiusnya bisa melampaui orbit Saturnus. Cahaya membutuhkan lebih dari 2.7 jam untuk perjalanan mengelilingi keliling VY CMa, dibandingkan dengan 14.5 detik untuk Matahari. Untuk mengisi volume VY CMa, dibutuhkan 7×1015 Bumi.
Dan jika Bumi diwakili oleh bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 109 cm, dengan jarak antara keduanya 117 meter. Pada skala ini, VY Canis Majoris memiliki diameter sekitar 2.3 kilometer.
Tidak seperti bintang-bintang besar lainnya VY canis majoris adalah bintang tunggal dan bukan sistem bintang yang dalam satu tata surya memiliki lebih dari satu bintang.Ukuran VY Canis Majoris sangatlah besar jika dibandingkan dengan tata surya kita besar diameternya kira-kira dari matahari sampai melampaui orbit Saturnus (9 kali jarak matahari ke bumi) atau 3.063.000.000 km, dan jika dilihat dari kecepatan cahaya VY Canis Majoris harus ditempuh 8 jam oleh kecepatan cahaya untuk mengitarinya sekali putaran. 

Perbandingan planet dan bintang

Perbandingan matahari kita dengan VY Canis Majoris

Perbandingan matahari kita dengan VY Canis Majoris
Untuk bahan perbandingan cahaya hanya memerlukan waktu 14,5 detik untuk memutari matahari kita. Diperlukan 7.000.000.000.000.000 (7 quadrilion) bumi untuk mengisi volumenya. Sedangkan bila dibandingkan dengan matahari kita, perbadingannya adalah 1 Milyar untuk matahari dan 1 untuk VY Canis Mayoris.
VY Canis Majoris boleh dibilang adalah bintang yang sekarat. Seperti bintang besar lainnya di alam semesta ini, VY Canis Majoris menjadi begitu besar karena bahan bakar yang berupa hidrogen telah habis di dalamnya dan mulai menggabungkan hidrogen dengan kulit luar dari inti helium. Bahkan VY Canis Majoris dapat lebur bersama helium, lithuim dan sebagainya. akhirnya ia akan memiliki inti yang terdiri dari besi seperti halnya planet. 
Masalahnya setelah reaksi fusi terbentuknya inti besi tersebut, mereka tidak menghasilkan energi sehingga tidak mampu mengimbangi tekanan gravitasi yang dihasilkan oleh bintang. Ketika semua bahan bakar fusi habis, bintang akan runtuh serempak dalam sebuah ledakan supernova dan akan menjadi lubang hitam atau blackhole.

Teori mengenai keberadaan VY Canis Majoris diklaim oleh ilmuwan sebagai bintang terbesar di alam semesta yang pernah diketahui oleh manusia, namun tak menutup kemungkinan jika suatu saat sains dapat menemukan kembali sebuah bintang yang memiliki massa jauh lebih besar dari VY Canis Majoris.
diambil dari wikipedia, astronomi.us dan ditulis kembali oleh spektrumdunia.blogspot.com
Baca Selengkapnya >>

7 Bencana Alam Paling Membunuh di Bumi (200 Tahun Terakhir)

Tuesday, May 1, 2012


Alam bisa bersahabat dengan manusia, namun alam juga bisa menjadi musuh yang teramat ganas dan brutal, bencana tidak memilih orang untuk dibinasakan, dan bencana biasanya melakukan pembinasaan masal terhadap para penghuni setempat.. Berikut ini 7 bencana terbesar yang pernah dicatat sejarah, sebanarnya masih ada beberapa bencana dahsyat yang terjadi di bumi, namun karena data yang kurang akurat jadi admin hanya sampaikan sampai ke 200 tahun belakang. berikut daftarnya dari yang paling kecil.

# Gempa bumi dan Tsunami, Samudra Hindia - 2004,
Korban tewas 230.000+ Jiwa

Gempa bumi Samudra Hindia tahun 2004, yang dikenal oleh masyarakat ilmiah sebagai gempa bumi Sumatera-Andaman, adalah gempa yang terjadi di 00:58:53 UTC (07:58:53 waktu lokal) 26 Desember 2004, dengan pusat gempa bumi di bagian pantai barat Sumatera, Indonesia. Gempa dipicu serangkaian tsunami di sepanjang pantai di perbatasan Samudera Hindia, menewaskan banyak orang dan menenggelamkan masyarakat pesisir. Besarnya gempa pada awalnya dicatat sebagai 9,0, namun telah meningkat menjadi 9,1 dan 9,3. Gempa ini adalah gempa kedua terbesar yang pernah tercatat pada seismograf. cukup besar yang menyebabkan seluruh dunia ikut bergetar sebanyak setengah inci, atau lebih dari satu sentimeter.

# Kegagalan bendungan Banqiao, China - 1975,
Korban tewas 231.000+ jiwa

Bendungan Banqiao dirancang untuk menahan banjir (306 mm (12 inci) curah hujan per hari). Pada bulan Agustus tahun 1975, terjadi banjir, turun lebih dari jatah satu tahun curah hujan dalam 24 jam, kondisi cuaca yang gagal untuk diprediksi. Gerbang pintu air tidak mampu menangani luapan air, 64 buah dam gagal menahannya. Ketika bendungan akhirnya jebol, itu disebabkan gelombang besar, 10 kilometer luasnya, dengan tinggi 3 - 7 meter, bergerak ke dataran di bawah secepat 50 km/jam. Daerah sepanjang 55 kilometer dan lebar 15 kilometer, berubah jadi danau sebesar 12.000 km². Evakuasi tidak berjalan karena kondisi cuaca buruk dan putusnya komunikasi dan jalur transportasi.

# Gempa Bumi Tangshan, China - 1976,
Korban Tewas 242.000+ Jiwa

Gempa bumi Tangshan merupakan salah satu yang gempa bumi terbesar pada zaman modern, dalam hal kematian terbanyak. Dari pusat gempa bumi yang berada di dekat Tangshan di Hebei, Cina, sebuah kota industri dengan sekitar satu juta penduduk. Gempa bumi dipagi hari, di 03:42:53.8 waktu setempat (1976 27 Juli 19:42:53.8 UTC), dan berlangsung selama sekitar 15 ******* Pemerintah Cina mencatat kekuatannya gempa sekitar 7,8 pada skala Richter, meskipun beberapa sumber daftar mencatat 8,2 SR. Itu adalah gempa pertama dalam sejarah modern.

# Badai siklon, India - 1839,
Korban Tewas 300.000+ jiwa

Pada tahun 1839, gelombang air pasang besar disebabkan oleh Siklon, puluhan pelabuhan di kota Coringa yang tidak seluruhnya dibangun kembali; 20.000 kapal di teluk yang hancur dan 300.000 orang meninggal. Ini bukan pertama kalinya malapetaka besar terjadi di Coringa: 1789 terjadi tiga gelombang yang disebabkan oleh topan yang hancurkan kota pelabuhan di muara sungai Ganges. Banyak kapal yang karam dan diperkirakan 20.000 orang tenggelam.

# Badai siklon Bhola, Bangladesh - 1970,
Korban tewas 1juta jiwa

Badai siklon yang memukul Pakistan Timur (sekarang Bangladesh) pada 12 November 1970 adalah badai siklon dengan kematian terbanyak yang pernah terjadi, dan salah satu bencana alam paling mematikan di masa modern. Pemerintah Pakistan yang telah dikritik hebat untuk penanganan operasi bantuan setelah badai, baik oleh para pemimpin politik lokal di Pakistan Timur dan di media internasional. Badai yang intensif makin parah setelah joinan ama topan badai pada 11 November, dan mulai berbelok ke arah timur laut karena mendekati kepala teluk. Kecepatan angin yang berhembus sekitar 185 km/jam.

# Banjir Sungai Kuning, China - 1887,
Korban Tewas 2juta jiwa

Sungai Kuning (Huang He) di China banyak wilayah yang rawan banjir, karena luas bentangan tanah datar yang sebagian besar di sekelilingnya. Tahun 1887 Sungai Kuning banjir dan menghancurkan daerah ini, antara 900.000 - 2 juta orang meninggal dunia. Ini merupakan salah satu bencana alam yang paling banyak memakan korban yang pernah tercatat. Pada 1887, dasar laut naik, bersamaan dengan hujan deras, menyebabkan banjir besar. Gara2 dataran rendah di dekat kawasan, banjir menyebar dengan cepat di seluruh Cina Utara, yang meliputi perkiraan 50.000 mil persegi, daerah pertanian, permukiman dan pusat komersial. Setelah banjir, dua juta orang kehilangan tempat tinggal.

# Banjir Sungai Kuning, China - 1931,
Korban Tewas 4juta jiwa

Banjir Sungai Kuning (Huang He flood) merupakan bencana alam terbesar yang pernah tercatat dengan paling banyak memakan korban meninggal dunia dari abad 20. Perkiraan jumlah orang tewas dalam banjir 1931 berkisar dari 1 sampai 4 juta orang. Kematian yang disebabkan oleh banjir yang dimaksud termasuk didalamnya korban karena tenggelam, penyakit,kelaparan, dan kekeringan. Sungai tersebut sering disebut "China's sorrow" karena jutaan orang telah terbunuh oleh banjir.

Sayangi bumi, jaga ia seperti ia memelihara kita umat manusia.. ketika ia murka, sehebat apapun senjata dan teknologi manusia tak akan bisa melawannya.sumber
Baca Selengkapnya >>

Inilah Tornado yang Terjadi di Permukaan Matahari, Besarnya 5 Kali Bumi


Tornado merupakan peristiwa alam mematikan yang benar-benar dahsyat di Bumi. Miliaran dolar uang setiap tahunnya dikerahkan untuk membantu kerusakan properti. Tetapi, tornado tersebut masih belum apa-apa ketimbang tornado raksasa jenis baru ini.



Menurut laporan situs Today In Tech, Jumat (30/3), Para ilmuwan, baru-baru ini, menemukan supertornado raksasa di permukaan Matahari yang berukuran lima kali lebih besar dari planet kita sendiri. Gas yang berputar-putar itu ditemukan oleh satelit Solar Dynamic Observatory di NASA pada September 2011.





Kabar tentang keberadaan tornado ini telah disampaikan dalam Pertemuan Astronomi Nasional 2012, Kamis (29/3), di Inggris. Dengan kecepatan angin di 186.000 mil per jam, tornado ini benar-benar membuat badai di Bumi terlihat jauh lebih kecil. Badai Terestrial tidak sama persis mendapatkan panas seperti tornado raksasa ini. Suhu Badai surya ini berkisar antara 90.000 dan 3,6 juta derajat Fahrenheit.

Sementara para ilmuwan sudah banyak meneliti tornado matahari besar di masa lalu, yang satu ini merupakan yang terbesar dan mudah diamati. Penyebab badai ini diyakini karena perputaran medan magnet Matahari.

Baca Selengkapnya >>

Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia


Stasiun kereta adalah tempat dimana sebuah kereta berhenti untuk manaikan dan menurunkan penumpang dari suatu tempat ke tempat lainnya, sebelum populer bahkan sebelum ditemukannya mobil dan motor ternyata kereta api telah ada sebelumnya. ini juga yang tejadi di Indonesia silam saat masih dalam kolonial Belanda. nah sekarang kita akan bahas 10 stasiun kereta tertua di Indonesia.

10. Stasiun Ijo (1880)

Stasiun Ijo (IJ) adalah stasiun kereta api yang terletak di sebelah barat Stasiun Gombong. Secara administratif, stasiun ini berada di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Selain sebagai stasiun persilangan, fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol terowongan jalur rel (disebut Terowongan Ijo) yang berada di sisi timur stasiun ini.

Pengelolaan stasiun yang terletak pada ketinggian +25 m dpl ini berada di bawah Daerah Operasi 5 Purwokerto. Stasiun yang dibangun pada pertengahan tahun 1880-an ini jarang disinggahi oleh kereta api. Stasiun berperon sisi ini memiliki tiga jalur rel.

9. Stasiun Malang Kotalama (1879)

Stasiun Malang Kotalama (MLK) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Sukun, Malang. Stasiun yang berada pada ketinggian +429 m dpl ini berada di Daerah Operasi 8 Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun KA paling selatan yang berada di Kota Malang, dan tertua, dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" dimaksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun belakangan. Dari Stasiun Malang Kotalama terdapat percabangan rel yang menuju ke Dipo Pertamina.


8. Stasiun Surabaya Kota (1878)

Stasiun Surabaya Kota (SB) yang populer dengan nama Stasiun Semut terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. Letaknya sebelah utara Stasiun Surabaya Gubeng dan juga merupakan stasiun tujuan terakhir di kota Surabaya dari jalur kereta api selatan pulau Jawa yang menghubungkan Surabaya dengan Yogyakarta dan Bandung serta Jakarta. Stasiun lain yang juga penting di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi yang menghubungkan Surabaya dengan Semarang. Baru dalam masa kemerdekaan, Jawatan Kereta Api mengadakan layanan kereta api antara Jakarta dan Surabaya Pasar Turi melalui Semarang.

Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Surabaya Kota dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibangun sekitar tahun itu. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Dengan meningkatnya penggunaan kereta api, pada tanggal 11 Nopember 1911, bangunan stasiun ini mengalami perluasan hingga ke bentuknya yang sekarang ini.


7. Stasiun Purwosari (1875)

Stasiun Purwosari (PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m dpl ini berada di Daerah Operasi 6 Yogyakarta.

Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.


6. Stasiun Solo Balapan (1873)

Stasiun Solo Balapan (kode: SLO, +93m) adalah stasiun induk di Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang. Stasiun ini didirikan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873)


5. Stasiun Kedungjati (1873)

Stasiun Kedungjati (KEJ) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kedungjati, Kedungjati, Grobogan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +36 m dpl ini berada di Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun Kedungjati diresmikan pada bulan 21 Mei 1873.

Arsitektur stasiun ini serupa dengan Stasiun Willem I di Ambarawa, bahkan dulu beroperasi jalur KA dari Kedungjati ke Ambarawa, yang sudah tidak beroperasi pada tahun 1976. Pada tahun 1907, Stasiun Kedungjati yang tadinya dibangun dari kayu diubah ke bata berplester dengan peron berkonstruksi baja dengan atap dari seng setinggi 14,65 cm.


4. Stasiun Ambarawa (1873)

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata.

Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi unik tadi, masih dapat disaksikan berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.


3. Stasiun Lempuyangan (1872)

Stasiun Lempuyangan (kode: LPN, +114 m dpl) adalah stasiun kereta api yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Yogyakarta. Stasiun yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 ini melayani pemberhentian semua KA ekonomi yang melintasi Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan beserta dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuman di utara dan Danurejan di selatan.


2. Stasiun Semarang Tawang (1868)

Stasiun Semarang Tawang (kode SMT) adalah stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang yang melayani kereta api eksekutif dan bisnis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan melanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.


1. Stasiun Semarang Gudang / Tambaksari (1864)

Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 yang diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute ini, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang sekarang dikenal sebagai Gedung Lawang Sewu. Dan tepatnya pada 10 Agustus 1867 sebuah kereta meluncur untuk pertama kalinya di stasiun ini.
sumber
Baca Selengkapnya >>

Bentuk Uang Rp1000 dari Tahun 1952-2009


Mata uang, dalam hal ini Rupiah yaitu mata uang resmi Indonesia. yang kita kenal sekarang mungkin yang terkecil untuk uang kertas adalah pecahan 1000an ya, nah.. maka dari itu apasih.com akan menghadirkan mata uang Rp.1000an dari jeda tahun 1952 hingga 2009. nilai uang Rp.1000 tahun 1952 jelas berbeda dengan uang Rp.1000 tahun 2009, kalau di tahun 1952 uang Rp.1000 bisa digunakan untuk membeli satu gram emas, namun kini.. yahh... kalian tau sendiri lah.. oke langsung saja simak bentuk uang Rp.1000 dari tahun 1952 hingga 2009 dibawah ini.


Uang Rp 1000,00 Tahun 1952
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1958
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1959
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1960
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1968


Uang Rp 1000,00 Tahun 1975
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1980
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1987
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 1992
bentuk uang 1000 rupiah

Uang Rp 1000,00 Tahun 2000-2009
bentuk uang 1000 rupiah
Baca Selengkapnya >>

Bendungan Terbesar di Dunia


Ada banyak danau buatan (waduk) telah di bangun di berbagai negara untuk banyak keperluan, Sperti Penghadil energi dan pengaturan irigasi. Dan daftar ini akan menampilkan 10 bendungan / waduk yang terbesar yang pernah dibangun manusia.

10. Raul Leoni, Venezuela
Luas: 4250 KM Persegi

Waduk ini terbentuk oleh Bendungan Guri di Sungai Caroni. Karena aspek yang merusak, danau buatan manusia / reservoir Raul Leoni telah menciptakan banyak kontroversi. Waduk ini telah menyapu habis dan menggenangi hutan di daerah sekitarnya.

9. Caniapiscau, Kanada 
Luas: 4318 KM Persegi

Caniapiscau bukan hanya himpunan air terbesar di Quebec, juga reservoir terbesar kedua di Kanada . Lokasinya tepat di dekat bagian atas Sungai Caniapiscau. Waduk ini mempunyai 2 bendungan dan 43 tanggul.

8. Rybinsk, Rusia
Luas: 4580 KM Persegi

Waduk tersebut dibangun tahun 1935 dan diisi air tahun 1947. Pada saat pembangunan, itu adalah danau buatan manusia terbesar di dunia. Sekarang nomor 8. Lokasi terletak pada titik paling utara dari Sungai Volga.

7. Nasser/Nubia, Mesir dan Sudan
Luas: 5248 KM Persegi

Meskipun danau waduk / buatan manusia terletak di kedua negara Mesir dan Sudan,namun nama bendungan ini mengacu pada bagian yang lebih besar yang terletak di Mesir. Nama Nasser datang dari pemimpin otoriter yang memerintah Mesir sampai tahun 1970. Konstruksi bangunan ini dibangun antara 1958 - 1971.

6. Bratskoye, Rusia 
Luas: 5470 KM Persegi

Lokasi waduk ini terletak di dekat bagian atas dari Sungai Angara. Waduk tersebut dibangun antara 1961 dan 1967 ketika pembendungan sungai mulai, dekat dengan Kota Bratsk.

5. Bukhtarma, Kazakhstan 
Luas: 5490 KM Persegi

Reservoir ini dibentuk oleh bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Bukhtarma PLTA dan mulai diisi pada tahun 1960.

4. Kariba, Zimbabwe dan Zambia 
Luas: 5580 KM Persegi

Danau buatan manusia / reservoir terletak antara Zambia dan Zimbabwe, tepat di perbatasan. Arti penting dari waduk ini adalah bahwa hal itu tidak hanya memiliki 1 bendungan.Waduk Ini mempunyai 88 tanggul yang lebih kecil dengan panjang 64 km.

3. Kujbyshevskoe, Rusia 
Luas: 6450 KM Persegi

Danau reservoir / buatan manusia terletak di Sungai Volga dengan panjang lebih dari 400 km. Namun keadaan Air tidak saniter, mengingat perkembangan industri di wilayah tersebut.

2. Smallwood, Kanada 
Luas: 6527 KM Persegi

Ini danau buatan manusia / reservoir terletak di barat Labrador. Waduk ini tidak hanya terbesar kedua di dunia, tetapi juga merupakan sumber air terbesar di provinsi ini dan merupakan Sumber dari Sungai Churchill.

1. Volta, Ghana 
Luas: 8502 KM Persegi

Ini adalah danau buatan manusia terbesar / waduk di dunia dalam hal luas permukaannya. Danau buatan manusia ke-4 terbesar di dunia dalam hal volume.  Itu dibentuk oleh Dam Akosombo dan ditemukan oleh ahli geologi Albert Ernest Kitson pada tahun 1915.
Baca Selengkapnya >>

INSPIRASI SEHAT

More on this category »

FLORA DAN FAUNA

More on this category »

INSPIRATIF

More on this category »

SEJARAH

More on this category »

UNIK DAN ANEH

More on this category »

SEKITAR KITA

More on this category »