Halo Prends! |
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Sitemap

tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa

Sunday, July 22, 2012

Lintaskan !
inspirasiku- Masalah paling umum selama puasa adalah bau mulut yang tidak sedap. Kondisi ini dalam istilah medis disebut halitosis.
Penyebab bau mulut umumnya disebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal, dan gangguan perut. Faktor lainnya adalah aktivitas bakteri yang berada di dalam mulut. Setelah mengetahui penyebabnya, kini kita bisa mengatasi bau mulut tidak sedap selama berpuasa. Berikut tips mencegah bau mulut ketika berpuasa:
Hindari Makanan yang Mudah Lengket
Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainnya. Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang sangat lama.

Obat Kumur Antiseptik
Untuk hasil lebih maksimal, gunakan juga obat kumur antiseptik. Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur malam.

Olahraga Ringan
Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga.
Minum Air Putih
Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur, sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermnafaat untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut,sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya.

Gosok Gigi
Setelah berbuka dan sahur, gosoklah gigi secara menyeluruh termasuk bagian lidah. Jika kurang bersih dalam menyikat gigi dapat meninggalkan partikel makanan membusuk didalam mulut.

Minum Teh Hijau
Selain air putih, minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan mekan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulu. Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh adap rokok.

Kurangi Makanan yang Mengandung Gula
Kurangi makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegak pengeroposan pada gigi. Hindari pula makanan yang dapat menghasilkan bau tak sedap pada mulut seperti petai, jengkol, dan durian.

sumber; http://jaringnews.com

Artikel Terkait :

Widget by [ inspirasiku-iq ]

0 comments:

Post a Comment