Halo Prends! |
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Sitemap

Kebiasaan yang merusak otak

Saturday, February 25, 2012

Lintaskan !
Setelah diteliti di sebuah laboraturium terkenal di dunia ditemukan fakta yang sangat mengejutkan..!!! Yaitu ternyata ada kebiasaan yang sering bahkan setiap hari dilakukan oleh manusia yang dapat merusak Otak kita.
Ada 11 kebiasaan yang selalu kita lakukan setiap hari yang dapat merusak otak kita. Silahkan simak 11 kebiasan di bawah:


1. Tidak sarapan pagi
Mereka yang terbiasa tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah. Akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Otak juga butuh makanan agar dapat bekerja optimal.

2. Makan terlalu banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang berkadar lemak tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

3. Merokok
Zat-zat kimia beracun dalam rokok yang terhisap, misalnya karbon monoksida, akan menghalangi kemampuan darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak, mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Nikotin juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah. Akibatnya, transportasi lemak terganggu hingga menyumbat pembuluh darah dan menghalangi transportasi oksigen dan nutrisi ke otak. Merokok juga dapat mengakibatkan penyakit alzheimer.

4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

5. Tidak memakai masker polusi udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi atau daya kerja otak.

6. Kurang tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala dapat meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida sehingga menurunkan proses menghirup oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8. Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menurunkan kemampuan kerja sel-sel syaraf otak sehingga menyebabkan mengkerutnya otak.

9. Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu optimalnya fungsi kerja otak. Jarang berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih.

10. Berpikir keras saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat kondisi sakit dapat menyebabkan kelelahan berlebihan pada otak dan mengurangi efektifitas kerjanya sehingga dapat merusak otak.

11. Banyak bermain – main
Hindari untuk banyak melakukan permainan yang tidak penting / dalam keadaan tidak jenuh.Misal berjam – jam asyik bermain playstation dapat menjadikan otak kita terus berimajinasi tentang hal yang barusan dimainkan, sehingga memori otak anda yang lain ikut tertutupi imajinasi – imajinasi yang akan membuat anda terus memikirkan permainan tersebut.

Artikel Terkait :

Widget by [ inspirasiku-iq ]

1 comments:

Adang N M I said...

wah merokok merusak otak juga gan,.. aduhhh bahaya nih..
nice info.. thanks

senang bisa berkunjung
Kunjungi juga Ke Blog Gua ya

Post a Comment